sponsor

Succes Story

Motivasi

Islaminfo

IT area

Unik

Health

» » » Daftar Software Buatan Indonesia

Daftar Software Buatan Indonesia | Daftar Perangkat Lunak Buatan Indonesia


Selamat sore sahabat STONKIDS, setelah sebelumnya STONKIDS sudah membagikan Daftar ANTIVIRUS buatan Indonesia, Kali ini STONKIDS akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai Software- Software yang di ciptakan oleh Masyarakat Indonesia, berikut selengkapnya :

Kita semua mengetahui Bahwa kebanyakan Software adalah buatan Eropa, tetapi itu semua tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia juga menciptakan Software - Software yang berkualitas, Software - software tersebut antara lain adalah:

1.   Sumatra PDF




Dari namanya kita semua mungkin sudah mengetahui Software apakah ini. Ini adalah Software Portable untuk membaca File berformat PDF dengan ukuran yang kecil sekita 1,2 MB.  Sumatra PDF Viewer, memiliki tampilan yang hampir mirip dengan daftar isi file di sebelah kiri dari Adobe Reader. Untuk menyalin sebagian teks ke clipboard Anda cukup menahan tombol Ctrl dan pilih teks  dengan mouse, kemudian gunakan Ctrl+C untuk menyalinnya. Sumatra juga sudah mendukung Bahasa Indonesia berkat kontribusi Bpk. Yudi Wibisono.  Sesuai namanya, seharusnya ada juga kontribusi orang sumatera untuk memasukkan bahasa sumatera sebagai bahasa pendukung.

2. Kamus 2.04

Software ini memang dinamakan "Kamus", sesuai dengan fungsinya untuk menerjemahkan bahasa inggris ke indonesia dan sebaliknya. Software kamus ini telah dikembangkan menggunakan Delphi, sejak tahun 2006 dan versi terakhirnya adalah versi 2.04 yang baru saja dirilis tanggal 23 Februari 2009. Software ini dibuat oleh Ebta Setiawan, salah satu mahasiswa Teknik Elektro UGM, yang memiliki hobi Delphi Programming.

Kamus 2.04 mempunyai fitur-fitur wajib untuk sebuah kamus yang memang berfungsi sangat bagus. Seperti pencarian kata yang cepat dan otomatis antara bahasa Inggris dan Indonesia sehingga kita tidak perlu mengeset apakah jenis kata yang ingin kita masukkan adalah bahasa Inggris atau Indonesia. Kita juga dapat menambahkan kata-kata baru jika kata tersebut belum ada di database. Dan tentunya adanya file help yang mambantu kita agar dapat mengeksplorasi Kamus 2.04 dengan maksimum.

Software kamus ini sudah memiliki cukup banyak database, sekitar 41.000 kata Inggris-Indonesia, 35.000 kata Indonesia-Inggris, dan 64.000 Frase dari kata-kata tersebut. Jika kita bandingkan software ini dengan kamus-kamus berupa buku, asumsikan saja satu halaman pada kamus biasanya terdapat 40 kata, maka dapat kita hitung bahwa software kamus ini sama saja dengan kamus setebal (41.000+35.000)/40=1900 halaman. Jadi, dapat disimpulkan kamus 2.042 akan mengurangi jumlah penjualan buku-buku kamus di pasaran dan tentunya akan mengurangi jumlah pemakaian kertas dan limbah yang dihasilkan dari pembuatan kertas itu.

3. Desk Creator 

Software ini dibuat oleh Dana Rochmady, dikembangkan menggunakan Visual Basic dan dirilis secara Open-Source. Karenanya, selain dapat Anda download secara gratis.  Sesuai namanya, Software ini berfungsi untuk membuat file Desktop.ini dalam suatu folder atau direktori. Desktop.ini adalah file yang berisi setting-an folder yang didalamnya ada file Desktop.ini tersebut. Setting-an tersebut tertulis dalam file Desktop.ini dalam bentuk teks dan kode-kode yang tidak lazim. Contoh isi file Desktop.ini :
[ExtShellFolderViews]

{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]

IconArea_Text=0x000080FF
Oleh karena itulah akan sangat sulit bagi kita jika harus membuatnya secara manual. Dengan bantuan software ini, kita dapat mengubah setting-an folder pada desktop.ini secara otomatis dan lebih simpel. Hanya dengan beberapa kali klik kita sudah dapat mengubah setting-an folder, seperti Ikon Folder, InfoTip, Background Folder, Warna Teks, dan Warna Background Teks.

Ini contoh hasil tampilan folder yang sudah diubah menggunakan DeskCreator :  


4. Kanca Media Player

Berawal dari pendirian Kancasoft pada tanggal 26 Desember 2010 oleh Mukhtori seorang mahasiswa AMIK BSI Purwokerto Jurusan Manajemen Informatika. Ide didirikannya Kancasoft berawal dari kekhawatiran dari pendirinya akan produk bangsa asing yang semakin menguasai Indonesia disegala bidang, termasuk dalam bidang Teknologi Informasi. Mukhtori berharap bisa ikut berperan dalam Revolusi Teknologi Indonesia.

Pada awalnya Kancasoft hanyalah sekelompok mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah. Melihat banyaknya waktu luang serta kemampuan yang dimiliki teman-temannya, Mukhtori mempunyai ide untuk lebih mengoptimalkan waktu luang mereka untuk sesuatu yang lebih berguna dengan berkarya. Namun pada kenyataannya menemukan orang-orang yang memiliki pola pikir dan cara pandang yang sama itu sangat sulit sehingga rencana tersebut tidak berjalan dengan baik. Kemudian Mukhtori melanjutkan ide untuk berkarya secara sendirian. Mukhtori kemudian berusaha untuk membuat sesuatu yang dapat berguna bagi orang lain. Berbekal kemampuan yang terbatas dan sedikit ilmu yang didapat dari perkuliahan, Mukhtori membuat sebuah Web Browser bernama Peregrine. Namun pengembangan web browser peregrine dihentikan karena kurangnya perlengkapan hardware dan software yang sangat diperlukan.

Nama Kanca Media Player didapat dari inspirasi tentang membuat sebuah pemutar musik untuk teman-temannya. Dalam Bahasa Jawa, kanca berarti teman/sahabat. Mukhtori melihat kenyataan bahwa hal yang paling sering dia dan teman-temannya lakukan setelah menyalakan komputer/laptop adalah mendengarkan musik. Dan kenyataan lain bahwa semua pemutar musik yang digunakan adalah buatan luar negeri. Hal ini yang mengilhami Mukhtori untuk membuat aplikasi pemutar musik yang konsepnya disesuaikan dengan selera orang-orang Indonesia yang memang secara budaya, adat, kebiasaan, kondisi sosial dan geografis berbeda dengan bangsa lain. Dengan bekerja lebih dari 16 jam setiap hari selama lebih dari 2 tahun, Mukhtori membuat Kanca Media Player dengan harapan Kanca dapat menjadi sahabat setia semua pengguna komputer.

Sumber  : Internet



Itu saja sob, sebagian Kecil Daftar Software dari Indonesia yang saya ketahui, Barangkali sahabat mau menambahkan, silahkan Komentar di bawah ini. Bagaimana sudah cukup bangga belum, semoga Masyarakat Indonesia bisa semakin kreatif lagi ya, dalam berperan aktif di dunia Internet, Okay..


zwani.com myspace graphic comments
STONKIDS
STONKIDS =>> SITUS BERBAGI ILMU TERPERCAYA - KNOWLEDGE SHARING SITE

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments:

Pembaca yang bijak adalah yang meninggalkan jejak :)